Monday, April 22, 2013

Check List To Do & Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan


Ketika anda telah memantapkan hati dan ingin melangsungkan pesta pernikahan, anda dapat mengatur sendiri persiapannya. Tentu keinginan di hati calon pengantin bahwa pesta pernikahan tidak hanya sekedar merayakan moment berkesan dalam hidup anda namun juga untuk memberi kesan positif dalam menjamu para undangan yang dekat di hati anda. Untuk menghindari hal-hal yang ketinggalan dalam proses persiapan maka berikut ini adalah daftar check list to do-nya

Konsep

  1. Brainstorming konsep yang ingin anda terapkan pada pesta pernikahan anda, misalnya elegan, bersahabat, bersahaja, dsb. Konsep ini akan menjadi fondasi untuk menentukan apakah waktu dan tempat pesta pernikahan
  2. Tentukan konsep dasar yang anda inginkan. Misalnya formal/informal, outdoor party/indoor party, siang hari/malam hari, dan hal-hal lain yang terkait dengan pemilihan tempat.
  3. Untuk menghemat waktu, detil konsep secara keseluruhan dapat anda breakdown lebih lanjut apabila anda sudah membayar DP tempat. 
  4. DP tempat. Mengingat keterbatasan tempat di Jabodetabek, dan banyaknya pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan, maka sebaiknya anda langsung membayar DP atas tempat pada tanggal yang anda inginkan. 
  5. Plus minus dan risiko konsep acara. Pikirkan plus minus dan risiko konsep acara yang anda ingin terapkan pada pesta pernikahan anda. Misalnya risiko hujan untuk acara outdoor, lampu tambahan untuk acara outdoor di malam hari, risiko wilayah banjir untuk musim hujan, jarak dari rumah kerabat dan kolega anda, risiko mengambil lokasi di titik-titik kemacetan,  dsb.



Booking tempat untuk pesta pernikahan
Jika anda telah menentukan konsep dasar juga telah menemukan hari, tanggal dan waktu yang pas untuk pernikahan anda, maka sebaiknya anda langsung membayar DP (uang muka) sebagai tanda jadi penyewaan tempat. Hal ini untuk mengantisipasi kehilangan tanggal tersebut, mengingat terbatasnya tempat dan banyaknya orang yang ingin menikah. 
Tips:
  1. Jika budget anda tak terhingga, anda dapat menyewa function room di hotel berbintang lima, maupun tempat-tempat lux lainnya.
  2. Jika budget anda terbatas, namun yang diundang terbilang banyak (>500 undangan), gunakanlah tempat-tempat pertemuan yang ditawarkan untuk disewa di hari sabtu/minggu, misalnya auditorium/aula gedung-gedung pemerintahan,gedung pernikahan, dsb.


Time table
Siapkan time table yang jelas dan lengkap agar tidak ada persiapan yang tertinggal. Persiapan pernikahan kecuali tempat pesta, rata-rata cukup dilakukan dalam 3 bulan. Hal-hal yang harus dipersiapkan antara lain:
  1. Membuat konsep
  2. Booking tempat (venue) pesta
  3. Mencari, koordinasi dan supervisi dengan vendor
  4. Briefing bagi panitia, pengisi acara dan protokoler.




MENCARI VENDOR

Catering

F&B merupakan pos budget yang terbesar dalam pengeluaran sebuah pesta. Untuk itu, berikut tips jika anda tidak memiliki pengalaman menghire vendor catering: 
  1. Lakukan test food, baik makanannya diantar ke rumah anda maupun anda datang ke pernikahan yang tengah ditangani oleh vendor. Jika vendor tidak menyediakan corner khusus untuk test food, sebaiknya anda memasukkan ampaw untuk pasangan yang sedang menggelar pesta, agar tidak dibilang makan gratisan. 
  2. Browsing. Anda juga bisa browsing  pendapat para pengguna jasa catering wedding dari internet. Lebih baik memesan dari catering yang agak mahal namun kualitas tetap terjaga daripada yang murah namun punya track record kejadian kurang baik. Meski demikian, tidak semua catering yang memiliki harga diatas harga pasar juga selalu terjaga kualitasnya. Sekedar berbagi pengalaman, adik ipar saya menggunakan catering P*spita S*w*rgi untuk pernikahannya di tahun 2013 ini. Meskipun banyak dibicarakan di media online, namun terdapat beberapa hal-hal yang kurang berkenan dihati tersebut menurut saya. Antara lain foodstall/gubug hanya diletakkan di 1 tempat/ 1 jenis foodstall padahal jumlah yang dipesan banyak, di makanan gubug Korean BBQ tidak disediakan nasi, hanya daging berbumbu saja, plus kimchi-nya juga habis. Sementara untuk zupa sup menunggu-nya > 15 menit untuk satu kali datang per nampan, makanan di gubuk juga cepat habis padahal adik saya memesan total 12 foodstall jenis makanan yang mengenyangkan. Pada pukul 11.30 juga makanan sudah habis, padahal adik saya memesan makanan untuk 1500 orang. Untuk dekorasi, papan penyangga stereofoam dibagian atas gate (gazebo) pintu masuk juga terlepas. Padahal, pernikahan pasangan tersebut memakan biaya ratusan juta rupiah. Mungkin karena terlalu banyak pelanggan catering pada saat yang bersamaan, catering yang berlokasi di Jatibening itu kekurangan supervisor untuk quality control? Entahlah. Oleh karena itu, bersyukurlah anda, apabila anda menemukan catering yang bestvalue, atau artinya budget terjangkau namun kualitas yang prima. Salah satu contoh catering yang memiliki kualifikasi portofolio chef yang baik namun dengan harga yang masuk di kantong adalah MAM'S Catering. Anda bisa mencari informasi lebih lengkap melalui www.mams-cateringweddingservices.web.id
  3. Menu. Pilih menu makanan yang tidak cepat basi dan bisa dibawa pulang apabila ternyata makanannya berlebih, misalnya udang goreng tepung, rendang, dsb.
  

Rias Pengantin  
Ada berbagai vendor rias pengantin. Anda dapat membandingkannya dan menentukan pilihan sesuai dengan selera dan budget anda.
Tips.
  1. Kesesuaian. Sesuaikan tata rias dan pakaian pengantin dengan konsep acara yang diinginkan 
  2. Detil. Jika anda telah menyukai pakaian maupun portofolio tata rias pengantin, dan telah menentukan pilihan akan menggunakan adat mana/nasional, jangan lupa juga untuk melihat detil-detil yang lain, misalnya pakaian among tamu, apakah ada kancing pakaian yang terlepas? Apakah kelengkapan pakaian ada? Sedikit pengalaman, ketika menikah, adik ipar saya mempergunakan salah satu sanggar rias pengantin ternama untuk pesta pernikahannya, memang make up dan baju pengantinnya bagus, staf make up dan clothing (kain, pemakai jilbab, dsb) banyak, namun sayangnya untuk pakaian among tamu pria, ada beberapa kancing pakaian yang hilang. Kebetulan, adik saya memilih jenis nasional, para among tamu juga tidak diberi peci/tutup kepala khusus pakaian nasional, sehingga penampilan among tamu terlihat kurang sempurna. Detil-detil seperti ini kadang kala miss dimata provider jasa wedding.


Pelaminan dan dekorasi ruangan
Berikut tipsnya:
  1. Tentukan konsep pelaminan yang anda inginkan. Komunikasikan konsep tersebut dengan pihak catering atau pelaminan yang anda sewa 
  2. Miliki satu orang kepercayaan anda misalnya WO, PIC catering, keluarga, dsb, untuk mengontrol pekerjaan dekorasi dan pelaminan. Apakah telah sesuai dengan permintaan anda.

Foto dan video syuting
Berikut tipsnya:
  1. Pastikan portofolio fotografer memang sesuai dengan selera anda 
  2. Beri brief dan input pada fotografer sesuai dengan angle-angle yang anda inginkan, namun juga biarkan fotografer berkreasi saat mengabadikan moment sesuai dengan insting-nya. 
  3. Pilih fotografer/wo yang memberikan service tambahan misalnya mengantarkan hasil foto kolase dan video ke rumah anda.

MC
  1. Beri brief yang lengkap pada MC mengenai rundown dan hal-hal yang ingin diutarakan kepada publik pada saat acara 
  2. Buat Q card 
  3. Beri catatan yang jelas secara tertulis, sebaiknya diketik, mengenai hal-hal yang ingin disebutkan oleh MC, misalnya nama lengkap pengantin, orang tua, asal daerah, pengalaman pertemuan pertama, dsb.

Hiburan
Tipsnya:
Untuk menyemarakkan suasana, anda dapat menyewa wedding singer dan keyboard tunggal, music chamber, orchestra, nasyid, dsb. Tipsnya:
  1. Pilih hiburan yang sesuai dengan suasana pesta yang ingin anda ciptakan 
  2. Jika anda memiliki budget lebih, anda bisa mengundang artis / public figure untuk menjadi pengisi acara, baik itu sebagai MC, biduan/penyanyi, maupun pelawak, jika anda ingin menyisipkan humor dalam pesta anda.

Undangan
Tipsnya:
  1. Pilih undangan yang sesuai dengan konsep acara dan budget anda 
  2. Anda bisa menyewa designer khusus untuk undangan agar undangan anda terasa unik dan berbeda dengan undangan yang lainnya 
  3. Supervisi pembuatan undangan dapat dilakukan oleh anda sendiri, ataupun oleh wedding organizer

Souvenir
Tipsnya:
  1. Pilih souvenir yang sesuai dengan konsep acara anda
  2. Sebaiknya souvenir adalah barang-barang yang berguna namun unik, berbeda dengan souvenir lainnya dan bermanfaat



Protokoler
  1. Susun siapa saja tamu-tamu VIP anda 
  2. Lakukan koordinasi dan brief antara tim protokoler, penerima tamu dan MC. Jika perlu, selain nama lengkap dan jabatan, beri foto tamu VIP pada tim protokoler anda.



Tips lainnya:
  1. Untuk paket pernikahan, biasanya lebih hemat apabila anda mengambil paket dengan pihak wedding organizer ataupun catering. Catering biasanya memiliki rekanan tersendiri, dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan memesan vendor secara terpisah.
  2. Pastikan vendor tersebut sesuai dengan selera dan kesesuaian budget anda. 
  3. Jika anda tidak ingin repot, anda bisa menyewa jasa wedding organizer 
  4. Jika anda ingin mendapatkan layanan gratis konsultasi terkait dengan pernikahan anda, juga gratis layanan event management di hari H, anda bisa mengunjungi www.mams-cateringweddingservices.web.id, karena catering ini memiliki tim dengan portofolio event management yang baik yang diberikan secara gratis. 


Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin melangsungkan pernikahan.

2 comments:

  1. aseeek, mateb nih review dan tipsnya mbak. salam kenal dari kami Poetrafoto Photography

    ReplyDelete
  2. Really thanks to writer, sangat membantu sekali =)

    ReplyDelete